Skip to main content

Dari Pertangisen Anak Pejuang Menjadi Padang Sambo


Di   sela-sela   kesibukannya   bekerja   di   Jawabatan   Penerangan   Kabanjahe,   Djaga   Depari   melatih   pemuda-pemudi   desa   Seberaya  belajar  menari  dan  menyanyi  sekaligus  membentuk  group  Sandiwara  desa  bersama  temannya  Nuhit  Bukit  dan  Dolar  Depari.  Group  ini  pada  awalnya  diberi nama Irama Desa dan berubah menjadi Seni Drama Piso Serit dan berubah lagi menjadi Sinar Desa Piso Serit. Pemain-pemainnya saat itu antara lain : Tekuk Meliala, Nempel Tarigan, Bp. Sulaiman Tarigan. Kemudian muncul pemain baru seperti  :  Firman  Depari,  Mental,  Petrus  Tarigan,  Kelas  Colia,  Murni  Br  Ginting,  Mintakin  Depari  serta  penyanyi  wanita  yang  sangat  terkenal  saat  itu  Mbiri  Br  Tarigan  serta  Payo  Br  Ginting.

 
Petrus Tarigan berikut ini menceritakan proses terciptanya lagu Padang Sambo :

Sore  itu  tidak  seperti  biasanya,  Djaga  Depari  tiba di  Seberaya  lebih  awal  dari  Kabanjahe.  Sedangkan  jadwal  latihan  adalah  malam  hari.  Kebetulan  saya  sedang  duduk-duduk di kedai kopi dan munculah beliau. Saya sedikit terkejut melihat air mukanya yang sedikit agak murung. Kemudian saya bertanya kenapa? Kemudian beliau  menjawab  sambil  meletakkan  sebuah  buku  tulis  biasa  di  atas  meja  dan  berkata  :  
 
“Enda,  Pertangisen  anak  pejuang  Nak!”  (Ini,  kesedihan  Anak  Pejuang  Nak!).  

Saya  bingung  tak  tau  apa  maksudnya.  Kemudian  beliau  bercerita  :  “Tadi,  saya  berjumpa  seorang  anak-anak  yang  sedang  menangis  sambil  memangil-mangil Bapaknya. Lalu saya bertanya kepada seorang, anak siapa yang nangis ini? 

Mereka  menjawab  sambil  menyebut  satu  nama  yang  saya  kenal  adalah  nama  seorang  pejuang  yang  telah  gugur  di  medan  juang.  Peristiwa  itu  membuat  saya  sedih,  terkenang  kembali  pengalaman  semasa  mengongsi  bersama  teman-teman  pada  perang  kemerdekaan  dulu.  Semula  lagu  itu  diberi  judul  Pertangisen  Anak  Pejuang, namun, setelah dipadu dengan pengalaman perjuangan sendiri, judulnya diubah menjadi Padang Sambo.

Padang Sambo  

Seh kal bergehna bage i tengah juma 
Rikut udanna gembura 
Wari si ben pe bage ndabuh kugelapna 
I juma-juma i padang sambo 
Doah kudidong ola megogo 
Karaben i padang sambo 

Ula kal tangis turang ula metuli 
De langa gia bapanta mulih 
Ibas tugasna nari la erlatih-latih
 ngkawali rayat si la erpilih 
Doah kudidong ula megogo 
Karaben i padang sambo

Tangis kal turang singuda ari 
Terbapa-bapa la erngadi-ngadi 
Mejuah-juah kal gelah bapanta 
Mulih ia pagi mbaba berita si mehuli 
I juma-juma I padang sambo 
Doah kudidong ula megogo 
Doah kudidong ula megogo 

Coba  perhatikan  diksi  “terbapa-bapa  la  erngadi-ngadi”   yang menyatakan pada asosiasi kesedihan yang mendalam akibat kehilangan  Ayah  pada  perang kemerdekaan.  Tangisan  itu  terasa  sangat  haru  dan  menyedihkan.  



Sumber bacaaan :


Penulis : Marco Bangun
Repository.usu.ac.id

Comments

Popular posts from this blog

Nasehat-Nasehat dan Ungkapan-Ungkapan

Nasehat-Nasehat Orang tua Karo, termasuk orang tua yang suka memberikan nasehat-nasehat kepada anggota keluarganya. Dalam nasehat yang diberikan selalu ditekankan, agar menyayangi orang tua, kakak/abang atau adik, harus berlaku adil. Menghormati kalimbubu, anakberu, senina sembuyak, serta tetap menjaga keutuhan keluarga.   Beberapa nasehat-nasehat orang-orang tua Karo lama, yang diungkapkan melalui ungkapan-ungkapan antara lain: Ula belasken kata la tuhu, kata tengteng banci turiken . Artinya jangan ucapkan kata benar, tetapi lebih baik mengucapkan kata yang tepat/pas. Ula kekurangen kalak enca sipandangi, kekurangenta lebe pepayo , artinya jangan selalu melihat kekurangan orang lain, tetapi lebih baik melihat kekurangan  kita (diri) sendiri atau  Madin me kita nggeluh, bagi surat ukat, rendi enta, gelah ula rubat ,  artinya lebih baik kita hidup seperti prinsip  surat ukat (surat sendok), saling memberi dan memintalah agar jangan sampai berkelahi. Beliden untungna si apul-apulen

Musik Karo - Gendang Tiga Sendalanen (bagian 5)

7.2 Gendang telu sendalanen Secara harfiah Gendang telu sendalanen memiliki pengertian tiga alat musik yang sejalan atau dimainkan secara bersama-sama (sama seperti pengertian Gendang Lima Sendalanen). Ketiga alat musik tersebut adalah (1)  Kulcapi/balobat , (2)  ketengketeng,  dan (3)  mangkok.  Dalam ensambel  ini ada dua istrumen yang bisa digunakan sebagai pembawa melodi yaitu   Kulcapi  atau  balobat.   Pemakaian  Kulcapi atau balobat  sebagai pembawa melodi dilakukan secara terpisah dalam upacara yang berbeda.  Sedangkan  Keteng-keteng dan  mangkok merupakan alat musik pengiring yang menghasilkan pola-pola ritem yang bersifat konstan dan repetitif. Jika  Kulcapi digunakan sebagai pembawa melodi, dan  keteng-keteng  serta mangkok sebagai alat musik pengiringnya, maka istilah  Gendang telu sendalanen sering disebut   Gendang Lima Sendalanen Plus Kulcapi ,  dan jika balobat sebagai pembawa melodi, maka istilahnya  tersebut  menjadi  gendang balobat.  Masing-masing alat mu

Kumpulan Teks dan Terjemahan Lagu-lagu Karya Djaga Depari (bagian 2)

8. Mari Kena Mari turang geget ate mari kena Sikel kal aku o turang kita ngerana Aloi, aloi kal aku Kena kal nge pinta-pintangku Mari turang iah mari kena Mari turang iah mari kena Tebing kal kapen o turang ingandu ena Nipe karina i jena ringan i jena Tadingken kal ingandu ena Mari ras kal kita jenda Mari turang iah mari kena Mari turang iah mari kena Tertima-tima kal kami kerina gundari Kalimbubu, anak beru ras seninanta merari Mulih kal gelah kena keleng ate Ras kal kita jenda morah ate Ula lebe meja dage Mari turang iah mari kena Mari turang iah mari kena (sumber : Henry Guntur Tarigan, Piso Surit tahun 1990 halaman : 132) Mari Kena (Marilah mari) Mari adinda sayang marilah mari Ingin daku kita berbicara Dengar, dengarkanlah daku Dikaulah yang sangat kurindukan Mari, marilah sayang Mari, marilah sayang Sangat terjal jalan ke rumahmu sayang Ada banyak ular pula di situ Tinggalkanlah rumahmu itu Mari kita bersama di si