Skip to main content

Konflik Tunjangan Veteran dan Terciptanya Lagu Bunga Pariama



Sesaat  setelah  usainya  perang  kemerdekaan,  banyak  para  mantan  pejuang  membuat  masukan  agar  mendapatkan  tunjangan  veteran  dari  pemerintah.  Termasuk  mantan pejuang dari  desa  Seberaya.  Diantara  mereka  ada  beberapa  orang  meminta  bantuan  jasa  kepada  Djaga  Depari  untuk  mengurusnya.  Namun  Djaga  Depari  mengaku  tidak  bisa  mengurus  langsung,  tapi  dia  bisa  menyuruh  temannya.  Para  pengusul  setuju  dengan  usul  itu.  Setelah  usul  diserahkan,  hingga  berbulan-bulan  usul  itu  belum  juga turun, para pengusul kesal dan marah kepada Djaga Depari. Mereka meminta kembali  berkas-berkas  yang  sudah  diserahkan.  Djaga  Depari  menjawab  bahwa  berkas mereka sudah sampai di tengah jalan dengan menyerahkan bukti-buktinya. 

Namun  mereka  tidak  percaya.  Akhirnya  dengan  sangat  kecewa  Djaga  Depari  menyerahkan berkas-berkas yang diperlukan tanpa meminta ganti rugi biaya yang telah dikeluarkannya.  Satu  di  antara  mereka,  termasuk  juga  anggota  Seni  Drama  Piso  Serit.  Rasa  bencinya  kepada  Djaga  Depari  terus  berbawa-bawa  ke dalam  latihan.  Perasaan  Djaga  Depari  sangat  kecewa,  dia  merasa  dilecehkan  akibat  niat  baiknya  disalah  artikan oleh teman-temannya. Dan itu diutarakannya melalui sebuah lagu berjudul  Bunga Pariama. 

Bunga Pariama

Miap-miap bulung pariama

I embus angin deleng seh  jilena

I duru lingling bage kidah turahna sisada

I deher sabah tikena sabah tikena

I deher sabah tikena sabah tikena



Teptep jelma lit sura-surana

Erban mehuli ku japa gia

Tapi makatep salah bage jadina

Isuan rudang, duri kidah salihna

Isuan rudang, duri kidah salihna



Makana ise kal kin nge si man

Salahen kin ndia

Kuneken serbut meremang tangkelen-tangkelen

Janah pe ise kal kin ngesi man pujin kin nina

Kuneken sikap ras jore cibal geluhna

Kuneken sikap ras jore cibal geluhna



Miap-miap bulung pariama

I duru lingling turahna sisada

Maka terbeluh gekah kita bas doni enda

Makana lit kal bage simalem-malemna

Makan lit kal bage simalem-malemna

Pada  bait  kedua  “aku”  lirik  mengutarakan  isi  hatinya  bahwa  setiap  orang  mempunyai  cita-cita  berbuat  baik  kepada  semua  orang.  Tetapi  niat  baik  itu,  seringkali   disalah   artikan   orang   sehingga   maksudnya   menjadi   salah.   Dia   mengibaratkan seseorang yang menanam bunga tapi berubah menjadi duri. 



Sumber bacaaan :
Penulis : Marco Bangun
Repository.usu.ac.id

Comments

Lenga bo pernah ku begi laguna e , Min, ija nge tehndu man daramen? Bujur melala ����

Popular posts from this blog

Nasehat-Nasehat dan Ungkapan-Ungkapan

Nasehat-Nasehat Orang tua Karo, termasuk orang tua yang suka memberikan nasehat-nasehat kepada anggota keluarganya. Dalam nasehat yang diberikan selalu ditekankan, agar menyayangi orang tua, kakak/abang atau adik, harus berlaku adil. Menghormati kalimbubu, anakberu, senina sembuyak, serta tetap menjaga keutuhan keluarga.   Beberapa nasehat-nasehat orang-orang tua Karo lama, yang diungkapkan melalui ungkapan-ungkapan antara lain: Ula belasken kata la tuhu, kata tengteng banci turiken . Artinya jangan ucapkan kata benar, tetapi lebih baik mengucapkan kata yang tepat/pas. Ula kekurangen kalak enca sipandangi, kekurangenta lebe pepayo , artinya jangan selalu melihat kekurangan orang lain, tetapi lebih baik melihat kekurangan  kita (diri) sendiri atau  Madin me kita nggeluh, bagi surat ukat, rendi enta, gelah ula rubat ,  artinya lebih baik kita hidup seperti prinsip  surat ukat (surat sendok), saling memberi dan memintalah agar jangan sampai berkelahi. Beliden untungna si apul-apulen

Musik Karo - Gendang Tiga Sendalanen (bagian 5)

7.2 Gendang telu sendalanen Secara harfiah Gendang telu sendalanen memiliki pengertian tiga alat musik yang sejalan atau dimainkan secara bersama-sama (sama seperti pengertian Gendang Lima Sendalanen). Ketiga alat musik tersebut adalah (1)  Kulcapi/balobat , (2)  ketengketeng,  dan (3)  mangkok.  Dalam ensambel  ini ada dua istrumen yang bisa digunakan sebagai pembawa melodi yaitu   Kulcapi  atau  balobat.   Pemakaian  Kulcapi atau balobat  sebagai pembawa melodi dilakukan secara terpisah dalam upacara yang berbeda.  Sedangkan  Keteng-keteng dan  mangkok merupakan alat musik pengiring yang menghasilkan pola-pola ritem yang bersifat konstan dan repetitif. Jika  Kulcapi digunakan sebagai pembawa melodi, dan  keteng-keteng  serta mangkok sebagai alat musik pengiringnya, maka istilah  Gendang telu sendalanen sering disebut   Gendang Lima Sendalanen Plus Kulcapi ,  dan jika balobat sebagai pembawa melodi, maka istilahnya  tersebut  menjadi  gendang balobat.  Masing-masing alat mu

Kumpulan Teks dan Terjemahan Lagu-lagu Karya Djaga Depari (bagian 2)

8. Mari Kena Mari turang geget ate mari kena Sikel kal aku o turang kita ngerana Aloi, aloi kal aku Kena kal nge pinta-pintangku Mari turang iah mari kena Mari turang iah mari kena Tebing kal kapen o turang ingandu ena Nipe karina i jena ringan i jena Tadingken kal ingandu ena Mari ras kal kita jenda Mari turang iah mari kena Mari turang iah mari kena Tertima-tima kal kami kerina gundari Kalimbubu, anak beru ras seninanta merari Mulih kal gelah kena keleng ate Ras kal kita jenda morah ate Ula lebe meja dage Mari turang iah mari kena Mari turang iah mari kena (sumber : Henry Guntur Tarigan, Piso Surit tahun 1990 halaman : 132) Mari Kena (Marilah mari) Mari adinda sayang marilah mari Ingin daku kita berbicara Dengar, dengarkanlah daku Dikaulah yang sangat kurindukan Mari, marilah sayang Mari, marilah sayang Sangat terjal jalan ke rumahmu sayang Ada banyak ular pula di situ Tinggalkanlah rumahmu itu Mari kita bersama di si