24 January 2017

Meriahnya Pembukaan Bandara Brastagi (16 September 1934)


Peresemian Bandara Berastagi

Sepanjang jalan Medan-Berastagi banyak  polisi ditempatkan,  untuk menjaga lalu lintas yang ada. Sementara jalan  dari Soerbakti ke Berastagi ditutup untuk semua lalu lintas, sementara sisi jalan di Berastagi yang mengarah ke  Bandara Berastagi pada hari  Minggu akan terbuka sebelum jam 8 pagi untuk semua kendaraan, kecuali untuk sado.

Setelah jam  8 jalur ini akan ditutup, baik untuk truk, bus,  kenderaan berkuda  hingga pengendara sepeda. Hanya mobil-mobil  undangan yang  diberikan kesempatan lewat dengan  menunjukkan kartu masuk. Mobil dan bus  yang tidak lagi diperbolehkan setelah jam 8 dapat mencari parkir dekat  dengan Pasar Berastagi.

Di sekitar  lapangan terbang itu sendiri adalah dua area parkir, satu untuk mobil tamu undangan dan satu untuk mobil-mobil lain. Setelah akhir demonstrasi akan ada makan siang berlangsung di Berastagi Hotel.

Untuk kelancaran, maka diatur lalu lintas agar secepat mungkin  undangan bisa sampai ke Hotel. Semua mobil bisa berkendara ke pintu masuk hotel.  Mobil-mobil undangan dapat diparkir di sini, sementara mobil-mobil lain harus  parkir di tikungan berbentuk S di jalan di depan  lapangan golf saja

Polisi pengatur  lalu lintas khusus akan berada di sini dan akan menjadi sangat sibuk dengan minat masyarakat yang menyaksikannya.

Meriahnya Peresmian Bandara Berastagi

Pesta penerbangan dalam rangka peresmian Bandara Berastagi mendapat perhatian yang sangat besar dengan kehadiran 20 pesawat terbang yang antara lain: LA. Skuadron, skuadron dari Royal Air Force, beserta kelompok olahraga terbang layang Belanda dan Inggris.


Pilot militer Belanda mempertunjukan aksi stunts, yang memancing decak kagum penonton. Para penerbang layang Inggris Newark dari Penang menampilkan peragaan "terbang gila," sebagaimana dikonfirmasikan juga oleh Presiden dari Komite Penerbangan, Mr. JH Pahit, Gubernur, Komandan Ilgen, pemimpin skuadron Sainsbury, Ir. De Vogel  dan oleh Tuan GA serta kepala dan NE kota.

Gubernur membuka secara resmi acara ini dengan melakukan tembakan kehormatan . Maskapai KNILM menjual 300 tiket untuk penerbangan wisata di atas kawah Sibajak. Lalu acara dilanjutkan dengan makan siang resmi .
 

Penyambutan kedatangan pilot Inggris, pada pembukaan Bandara Berastagi
Penerimaan pilot militer Belanda, selama pembukaan Bandara  Berastagi

Lama penerbangan Medan-Berastagi sekitar 20 menit. Berikut urutan penerbangan pesawat yang berangkat dari Medan menuju Bandara Berastagi



:
Sumber bacaaan :
Koran "De Sumatra Post" tanggal 14-09-1934
 Koran "De Sumatra Post" tanggal 15-09-1934


Koran "De Sumatra Post" tanggal 17-09-1934


Sumber Foto : Koran "De Sumatra Post ( 31-12-1934)


1 comment:

  1. Lebih keren brrti berastagi dulu timbang sekarang ya , dulu ada bandaranya
    Mejuah juah

    ReplyDelete